Kumpulan Pengertian Menurut para Ahli

Pengertian Campuran Menurut Kimia

Loading...
Advertisement


loading...

loading...
Pengertian Campuran Menurut Kimia | Apa itu campuran? Dalam ilmu kimia, campuran adalah zat yang terbentuk dari beberapa zat berbeda melalui proses fisika.  Campuran terbentuk dari beberapa zat dengan perbandingan yang tidak pasti (sembarang) dan sifat masing-masing zat pembentuk campuran tidak berubah. Contohnya, gula atau garam dicampur dengan air maka rasa asin dari garam dan rasa manis dari gula masih dapat dirasakan. Zat-zat pembentuk campuran mudah dipisahkan dengan cara fisika. Campuran dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya udara, air tanah, air laut, tanah, pasir, asap, dan lain-lain. Jenis-jenis campuran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu campuran heterogen dan campuran homogen.

Pengertian Campuran Menurut Kimia
Pengertian Campuran
Campuran heterogen adalah campuran yang zat-zat penyusunnya masih dapat dibedakan secara visual (dengan penglihatan). Campuran heterogen dibedakan menjadi suspensi dan koloid. Suspensi adalah campuran zat padat dalam zat cair atau gas tetapi zat padat tidak larut. Misalnya, campuran pasir dengan air. Sedangkan, koloid adalah campuran antara dua atau lebih zat di mana zat penyusunnya tersebar dalam zat lainnya. Contoh koloid adalah awan, keju, susu, tinta, santan, margarin, dan lainnya.

Campuran homogen adalah campuran serba sama dalam bentuk molekul. Artinya, zat yang terlarut terurai menjadi molekul. Pada larutan, zat pembentuk larutan tidak dapat diamati dengan mata meskipun menggunakan mikroskop. Larutan memiliki ciri; jernih dan tidak mengendap kecuali terjadi penurunan suhu atau dipanaskan. Larutan dapat berupa zat padat dalam zat cair, seperti laut, air teh, air gula, dan lain-lain. Selain itu, dapat berupa larutan zat padat dalam zat padat misalnya perunggu, kuningan, dan lainnya.

Sekian uraian tentang Pengertian Campuran Menurut Kimia, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Campuran Menurut Kimia